Home » » cara praktis modifikasi terminal ubuntu

cara praktis modifikasi terminal ubuntu



hahaha beberapa hari ini saya jarang update artikel maklum lagi banyak kerjaan maksudnya jobseeker , mencari pekerjaan maklum pengacara pengangguran banyak acara hahahaha =))
langsung saja yah, awalnya saya menginstall linux ubuntu 10.10 di laptop kesayangan saya ini lalu melihat terminal milik adek saya (HAKZ) yang memunculkan tulisan di terminalnya, lalu saya bertanya dan belajar darinya. saya jadi tertarik untuk membuat tampilan nama di terminal saya. Langsung saja yahh…
1. buka ascii generator
bikin kata2 yang mau di munculkan misal namaku sendiri anharku like this lahh…

2. simpan dalam file anharku.txt
lalu taruh file anharku.txt tersebut di folder dengan nama kamu
misal disini folder anharku seperti gambar berikut :
3. buka terminal
ketik:
sudo gedit /etc/bash.bashrc
lalu jika keluar password masukkan password r00t kamu :)
lalu file bash.bashrc di folder etc akan di load atau di buka
4. tarik ke bawah dan edit tambahkan baris berikut
cat anharku.txt lalu save /simpan perubahan atau tekan CTRL+S
5. sekarang buka lagi terminal kamu dan TRALALA…. =))
terminal kamu sudah menampilkan tulisan nama kamu hehehe ini yang dinamakan cara praktis mengedit terminal.
catatan yang penting adalah memahami perintah console pada linux pada pembahasan di atas perintah yang perlu diperhatikan adalah perintah cat anharku.txt perintah cat tersebut adalah perintah pada console yang digunakan untuk membaca isi dari file anharku.txt...pernah tahu ga script berikut cat/etc/passwd ??? nah apa artinya itu??? artikan sendiri yah hehehe :)
Thanks for reading cara praktis modifikasi terminal ubuntu

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment